RPP Ekonomi Bisnis Kelas X K-2013 Revisi 2017


Bukan hanya Struktur Kurikulum berganti lagi pada tahun pelajaran 2017/2018 namun Paket keahlian dan kompetensinya pun mengalami pembaharuan, seperti halnya Jurusan Administrasi Perkantoran mengalami perubahan yakni menjadi Manajemen Perkantoran, struktur terbaru dengan jumlah 46 Jam/Minggu belum ditambah juga Mapel Wajib Tambahan seperti Muatan Lokal Bahasa Daerah Bahasa Jawa, Mulok dimasing masing sekolah. Perubahan ini mempengaruhi juga pada mapel C1 yakni yang tadinya Pengantar Ekonomi Bisnis (PEB) sekarang menjadi Ekonomi Bisnis cakupanya menjadi luas, berikut ini

Link download di bawah 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMK Diponegoro Majenang
Kelas/ Semester           : X/ Gasal
Mata pelajaran             : Ekonomi dan Bisnis
Materi Pokok              : Ruang lingkup dan Jenis Ilmu Ekonomi
Peretemuan ke-           : 2
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
KI 1          :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2          :    Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3          :    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4          :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar
1.2.    Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.1.    Memahami sejarah perkembangan, ruang lingkup dan jenis ilmu ekonomi
4.1.    Mengklasifikasi ruang lingkup ekonomi pada berbagai kegiatan usaha


C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Memahami sejarah perkembangan, ruang lingkup dan jenis ilmu ekonomi

D.    Tujuan pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik mampu :
1.      Memahami menjelaskan ruang lingkup ilmu ekonomi
2.      Memahami jenis-jenis ilmu ekonomi

E.     Materi Ajar
Materi pembelajarannya secara rinci adalah:
1.      Ruang lingkup ilmu ekonomi
2.      Jenis-jenis ilmu ekonomi

F.      Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan     : Scientific Learning
  2. Strategi            : Cooperatif Learning
  3. Model              : Problem Base Learning dan Discovery Learning
  4. Metode            : diskusi kelompok, ceramah bervariasi, penugasan

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Diskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Kelas dipersiapkan agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.      Peserta didik ditunjukkan media gambar yang berkaitan dengan ekonomi mikro dan makro
3.      Guru menyampaikan topik tentang “ruang lingkup dan jenis-jenis ilmu ekonomi”.
4.      Peserta didik diberikan motivasi tentang pentingnya topik pembelajaran ini.
5.      Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru memperingatkan kepada peserta didik bahwa pembelajaran ini lebih ditekankan pemaknaan dan pencapaian kompetensi.
6.      Peserta didik dibagi menjadi delapan kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, VI, VII dan VIII) dengan masing-masing kelompok anggotanya 4 anak

10 menit
Inti
MENGAMATI
·     Mengamati gambar jual beli di pasar dan ekspor impor
·     Peserta didik membaca buku teks  tentang ruang lingkup dan jenis-jenis ilmu ekonomi

MENANYA
Melalui membaca buku teks dan browsing internet, peserta didik diminta untuk membuat pertanyaan, misalnya :
1.        Bagaimana ruang lingkup ilmu ekonomi ?
2.        Bagaimana pembagian jenis-jenis ilmu ekonomi ?


MENALAR
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut,  peserta didik diminta melakukan diskusi kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 orang anggota.

MENCOBA
·     Peserta didik mencatat hasil diskusi
·      Peserta didik membuat  laporan hasil  diskusi

MEMBUAT JEJARING
·     Guru meminta perwakilan masing-masing  kelompok mempresentasikan hasil  diskusinya di depan kelas  dan kelompok lain menanggapi
·     Peserta didik mencatat/ menyempurnakan hasil diskusinya
·     Peserta didik membuat laporan hasil dikusi untuk dikumpulkan

60 menit
Penutup
·     Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang kegiatan pembelajaran dan hasil belanjarnya mana yang sudah baik dan mana yang masih harus ditingkatkan.
·     Peserta didik dapat ditanyakan apakah sudah memahami materi tersebut
·     Sebagai refleksi, guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang diperoleh setelah mempelajari topik ruang lingkup dan jenis-jenis ilmu ekonomi.
·     Peserta didik menjawab  pertanyaan (acak)  secara lisan untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran yang baru saja dilakukan
·     Memberikan tugas yang harus dikumpulkan pada pertemuan minggu depan.
·     Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang
·     Menutup dengan salam
20 menit

H.    Alat /Bahan/ Sumber Bahan :
1.      Alat           : White Board, spidol, LCD, Laptop, Lembar Observasi, Lembar Tugas
2.      Sumber Belajar : Windu Mahmud. 2013 . Modul Pengantar Ekonomi dan Bisnis untuk SMK Jurusan Bisnis dan Manajemen
2.
I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Teknik : Tes dan Non-Tes
2.      Bentuk : Uraian dan Tugas
3.      Instrumen Tes :
Kerjakan soal berikut ini dengan tepat !
a.       Jelaskan ruang lingkup ilmu ekonomi !
b.      Jelaskan pembagian jenis-jenis ilmu ekonomi !

4.      Instrumen Non- Tes
1)      Lembar pengamatan diskusi (terlampir)
2)      Lembar Tugas Membuat contoh dari ekonomi teori, ekonomi deskriptif dan ekonomi terapan dalam kehidupan sehari-hari.



Mengetahui :                                       Diverivikasi                             Majenang, 17 Juli 2017
Kepala Sekolah                                   Waka 1                                    Guru Mata Diklat



Cayo, S.Pd.                                        Darsito, S.Pd.                         Mujib Al Hasani, S.E,Sy
NIP.Y. 113406132                             NIP.Y. 113406128                 NIP.Y. 113406447




Lampiran 1  : MATERI
Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku pelaku ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
Ilmu ekonomi memiliki ruang lingkup mikro dan makro sehingga mudah untuk dipelajari. Keduanya memberikan batasan dan asumsi yang jelas.

Ekonomi Mikro
Ekonomi Mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil (aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan produsen secara individua dalam pasar. Sikap dan perilaku konsumen tercermin dalam menggunakan pendapatan yang diperolehnya, sedangkan sikap dan perilaku produsen tercermin dalam menawarkan barangnya. Jadi inti dalam ekonomi mikro adalah masalah penentuan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori harga (price theory).

Ekonomi Makro
Ekonomi Makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan (agregate) berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan. Apabila yang dibicarakan masalah produsen, maka yang dianalisis produsen secara keseluruhan, demikian halnya jika konsumen maka yang diananlisis adalah seluruh konsumen dalam mengalokasikan pendapatannya untuk membeli barang/jasa yang dihasilkan oleh perekonomian. Demikian juga dengan variabel permintaan, penawaran, perusahaan, harga dan sebaginya. Intinya ekonomi makro menganalisis penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan, sehingga ekonomi makro sering dinamakan sebagai teori pendapatan (income theory).

Tujuan dan sasaran analisis ekonomi makro antara lain membahas masalah Sisi permintaan agregate dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi, dan pentingnya kebijakan dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan prestasi kegiatan ekonomi yang diinginkan.

Jenis-jenis Ilmu Ekonomi
Jenis-jenis analisis ilmu ekonomi yaitu sebagai berikut :
a. Teori Ekonomi (Analysa Economic), yakni ilmu yang menerangkan hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi kemudian merumuskan hubungan-hubungan itu dalam suatu hokum ekonomi. Contoh : Hukum Permintaan (Jika harga suatu barang naik maka jumlah barang yang diminta akan berkurang. Jika harga barang turun maka jumlah barang yang diminta akan bertambah), Hukum Penawaran (Jika harga barang naik maka jumlah yang ditawarkan akan bertambah. Jika harga barang turun maka jumlah yang ditawarkan akan berkurang), Teori Produksi, dan lain-lain.
b. Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economics), yakni ilmu yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari wujud dalam perekonomian. Contohnya seperti keadaan petani di Jawa Tengah, inflasi yang meningkat pada tahun 1998, dan lain-lain.
c. Ekonomi terapan (Aplied Economics), yakni ilmu ekonomi yang mengkaji tentang kebijakan-kebijakan yang perlu dilaksanakan dalam mengatasi masalah-masalah ekonomi. Contoh : Ekonomi Moneter, Ekonomi Koperasi, Ekonomi Perusahaan, dan lain-lain.
Pada intinya, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mengakui realitas kelangkaan lalu memikirkan cara mengorganisasikan masyarakat dalam suatu acara yang menghasilkan pemanfaatan sumber daya ekonomi yang paling efisien. Disinilah ilmu ekonomi memberikan kontribusinya (sumbangan) yang unik. Pengkajian ilmu ekonomi dilakukan dalam dua tingkatan. Pertama, pengkajian berdasarkan keputusan rumah tangga individual dan perusahaan. Dapat dikaji interaksi rumah tangga individual dan perusahaan di pasar untuk barang dan jasa tertentu. Kedua, dapat dikaji operasi perekonomian secara menyeluruh yang merupakan kumpulan dari semua pengambil keputusan di semua pasar.


Lampiran 2    : Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SISWA
Kelas/ Semester           : X AP 1/ Gasal
Mata pelajaran             : Ekonomi dan Bisnis
Materi Pokok              : Ruang lingkup dan jenis-jenis ilmu ekonomi
Peretemuan ke-           : 2
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit  ( 1 x pertemuan )

No. Urut

Nama Siswa
Aspek Aktivitas
1
2
3
4
5
6
7
1
A'IMMATUNNADZIFAH







2
ANISA NUR SOLEHA







3
DWI APRILLIA RISNAWATI







4
DWI PUJI ASTUTI







5
EKA LISTIANI







6
ELISMA NIKMATUNNISA







7
FIFIN FILIYANTI







8
IDA FITRIYANING







9
KHOIRUL ZULFA







10
MARATUN SOLIKHAH







11
MEGA RINDI ANTIKA







12
NUR ANISA







13
OKE NUR PRASDIAN







14
RATNA KOMALA SARI







15
REKSI BUDIANTO







16
RISMA FRICILIA







17
RISQI ERI RAMADAN







18
RIVAL DEVA AZRI







19
RIYANTI







20
RIZAL BASTIAR KUSWORO







21
SAPTO PEBRIANTO







22
SRI MULYANI DEWI







23
SUDIYANTI







24
VINA PEBRIANA PUTRI







25
WULAN GURITNO







Keterangan Aspek Aktifitas:
1.   Memperhatikan penjelasan guru/teman.      5. Menjadi pembicara kelompok.
2.   Menghargai pendapat orang lain.
3.   Membaca materi.                                         6. Bertanya (pada teman/guru).
4.   Menulis (mencatat) materi penting. 7. Mengumpulkan hasil diskusi
Petunjuk:
1.   Pengamatan dilakukan oleh guru pada saat peserta didik berdiskusi
2.   Pengamat cukup memberi tanda cek (Ö ) pada kolom aspek aktivitas siswa.

Lampiran 2    : Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SISWA
Kelas/ Semester           : X AP 2/ Gasal
Mata pelajaran             : Ekonomi dan Bisnis
Materi Pokok              : Ruang lingkup dan jenis-jenis ilmu ekonomi
Peretemuan ke-           : 2
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit  ( 1 x pertemuan )

No. Urut

Nama Siswa
Aspek Aktivitas
1
2
3
4
5
6
7
1
DHEA RAHMA DAMAYANTI







2
DIAN MAULANA







3
ELSA NOVIANA







4
FERY NURDIANSYAH







5
ERNA ANDREANINGSIH







6
FAJAR MEI LIANA







7
FIKRI ARIF PRAYOGA







8
FITRI MISNAWATI







9
HANI RAHMAWATI







10
HERMAWAN







11
INTAN AGUSTINA







12
IRKHAM ROZAKI







13
JESY MELINDA







14
LISA APRILIANA







15
MERY MUTMAINAH







16
MOZA RAFIKA RAODAH







17
NOVITA SARI







18
NURUL ISTIQOMAH







19
PUJI NURHASASIH. H







20
RISKA AMALIA







21
SINDI NOVITASARI







22
WIJHATUN A'MALINA







23
YUSUF BAHTIAR







Keterangan Aspek Aktifitas:
  1. Memperhatikan penjelasan guru/teman.          5. Menjadi pembicara kelompok.
  2. Menghargai pendapat orang lain.
  3. Membaca materi.                                             6. Bertanya (pada teman/guru).
  4. Menulis (mencatat) materi penting.                7. Mengumpulkan hasil diskusi
Petunjuk:
  1. Pengamatan dilakukan oleh guru pada saat peserta didik berdiskusi
  2. Pengamat cukup memberi tanda cek (Ö ) pada kolom aspek aktivitas siswa.



Lampiran 3  : Lembar Tugas   
LEMBAR  TUGAS
Nama Siswa                :…………………….
Nomor                         :…………………….

Kelas/ Semester           : X/ Ganjil
Mata pelajaran             : Ekonomi dan Bisnis
Materi Pokok              : Ruang lingkup dan jenis-jenis ilmu ekonomi
Peretemuan ke-           : 2
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit  ( 1 x pertemuan )

Membuat contoh dari ekonomi teori, ekonomi deskriptif dan ekonomi terapan dalam kehidupan sehari-hari

Simak : Pembelajaran Online 



Berikut ini Link Download

RPP Pertemuan Ke 1 Ekonomi Bisnis K2013 Revisi 2017

RPP Pertemuan Ke 2 Ekonomi Bisnis K2013 Revisi 2017

Pasword : SMK

silakan dilihat, apabila kurang sesuai dengan sisdiknas permendikbud no 24, mohon koreksi di post Komentar....





15 Responses to "RPP Ekonomi Bisnis Kelas X K-2013 Revisi 2017"

"Terimakasih atas kunjungan anda, semoga apa yang kami share, dapat bermanfaat"