Bukan hanya Struktur Kurikulum berganti lagi pada tahun pelajaran 2017/2018 namun Paket keahlian dan kompetensinya pun mengalami pembaharuan, seperti halnya Jurusan Administrasi Perkantoran mengalami perubahan yakni menjadi Manajemen Perkantoran, struktur terbaru dengan jumlah 46 Jam/Minggu belum ditambah juga Mapel Wajib Tambahan seperti Muatan Lokal Bahasa Daerah Bahasa Jawa, Mulok dimasing masing sekolah. Perubahan ini mempengaruhi juga pada mapel C1 yakni yang tadinya Pengantar Ekonomi Bisnis (PEB) sekarang menjadi Ekonomi Bisnis cakupanya menjadi luas, berikut ini
Link download di bawah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK Diponegoro Majenang
Kelas/
Semester : X/ Gasal
Mata
pelajaran : Ekonomi dan Bisnis
Materi
Pokok : Ruang lingkup dan
Jenis Ilmu Ekonomi
Peretemuan
ke- : 2
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
3.1. Memahami sejarah perkembangan, ruang
lingkup dan jenis ilmu ekonomi
4.1. Mengklasifikasi ruang lingkup ekonomi pada berbagai kegiatan usaha
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Memahami
sejarah perkembangan, ruang lingkup dan jenis ilmu ekonomi
D.
Tujuan
pembelajaran
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik mampu :
1. Memahami
menjelaskan ruang lingkup ilmu ekonomi
2. Memahami
jenis-jenis ilmu ekonomi
E.
Materi Ajar
Materi
pembelajarannya secara rinci adalah:
1.
Ruang lingkup ilmu ekonomi
2.
Jenis-jenis ilmu ekonomi
F.
Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Scientific Learning
- Strategi : Cooperatif Learning
- Model : Problem Base Learning dan Discovery Learning
- Metode : diskusi kelompok, ceramah bervariasi, penugasan
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dipersiapkan agar lebih
kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas,
presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.
Peserta didik ditunjukkan media
gambar yang berkaitan dengan ekonomi mikro dan makro
3.
Guru menyampaikan topik tentang
“ruang lingkup dan jenis-jenis ilmu ekonomi”.
4.
Peserta didik diberikan
motivasi tentang pentingnya topik pembelajaran ini.
5.
Guru menyampaikan tujuan dan
kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru memperingatkan kepada
peserta didik bahwa pembelajaran ini lebih ditekankan pemaknaan dan pencapaian
kompetensi.
6.
Peserta didik dibagi menjadi
delapan kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, VI, VII dan VIII) dengan
masing-masing kelompok anggotanya 4 anak
|
10 menit
|
Inti
|
MENGAMATI
· Mengamati gambar jual beli di pasar dan ekspor
impor
· Peserta didik membaca buku teks tentang ruang lingkup dan jenis-jenis ilmu ekonomi
MENANYA
Melalui membaca buku teks dan browsing
internet, peserta didik diminta untuk membuat pertanyaan, misalnya :
1.
Bagaimana ruang lingkup ilmu
ekonomi ?
2.
Bagaimana pembagian jenis-jenis
ilmu ekonomi ?
MENALAR
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
tersebut, peserta didik diminta melakukan
diskusi kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 orang anggota.
MENCOBA
· Peserta didik mencatat hasil diskusi
· Peserta
didik membuat laporan hasil diskusi
MEMBUAT
JEJARING
· Guru meminta
perwakilan masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya di
depan kelas dan kelompok lain
menanggapi
· Peserta didik mencatat/ menyempurnakan hasil
diskusinya
· Peserta didik membuat laporan hasil dikusi untuk
dikumpulkan
|
60
menit
|
Penutup
|
· Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang
kegiatan pembelajaran dan hasil belanjarnya mana yang sudah baik dan mana
yang masih harus ditingkatkan.
· Peserta didik dapat ditanyakan apakah sudah
memahami materi tersebut
· Sebagai refleksi, guru membimbing peserta didik untuk
membuat kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta
menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang diperoleh setelah
mempelajari topik ruang lingkup dan jenis-jenis ilmu ekonomi.
· Peserta didik menjawab pertanyaan (acak) secara lisan untuk mendapatkan umpan balik
atas pembelajaran yang baru saja dilakukan
· Memberikan tugas yang harus dikumpulkan pada
pertemuan minggu depan.
· Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang
· Menutup dengan salam
|
20
menit
|
H. Alat /Bahan/
Sumber Bahan :
1.
Alat : White Board, spidol, LCD, Laptop,
Lembar Observasi, Lembar Tugas
2.
Sumber Belajar : Windu Mahmud. 2013 . Modul Pengantar
Ekonomi dan Bisnis untuk SMK Jurusan Bisnis dan Manajemen
2.
I. Penilaian Proses
dan Hasil Belajar
1.
Teknik : Tes dan
Non-Tes
2.
Bentuk : Uraian
dan Tugas
3.
Instrumen Tes :
Kerjakan
soal berikut ini dengan tepat !
a.
Jelaskan ruang
lingkup ilmu ekonomi !
b.
Jelaskan
pembagian jenis-jenis ilmu ekonomi !
4.
Instrumen Non-
Tes
1)
Lembar
pengamatan diskusi (terlampir)
2)
Lembar Tugas Membuat
contoh dari ekonomi teori, ekonomi deskriptif dan ekonomi terapan dalam
kehidupan sehari-hari.
Mengetahui
: Diverivikasi Majenang, 17 Juli 2017
Kepala
Sekolah Waka
1 Guru Mata
Diklat
Cayo, S.Pd. Darsito, S.Pd. Mujib Al Hasani, S.E,Sy
NIP.Y. 113406132 NIP.Y. 113406128 NIP.Y. 113406447
Lampiran 1 : MATERI
Ruang
Lingkup Ilmu Ekonomi
Ilmu
ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku pelaku
ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan
sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai
sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
Ilmu
ekonomi memiliki ruang lingkup mikro dan makro sehingga mudah untuk dipelajari.
Keduanya memberikan batasan dan asumsi yang jelas.
Ekonomi
Mikro
Ekonomi
Mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil
(aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis dalam teori
ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan produsen
secara individua dalam pasar. Sikap dan perilaku konsumen tercermin dalam
menggunakan pendapatan yang diperolehnya, sedangkan sikap dan perilaku produsen
tercermin dalam menawarkan barangnya. Jadi inti dalam ekonomi mikro adalah
masalah penentuan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori
harga (price theory).
Ekonomi
Makro
Ekonomi
Makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme
bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan (agregate) berkaitan dengan
penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran
masyarakat dapat dimaksimumkan. Apabila yang dibicarakan masalah produsen, maka
yang dianalisis produsen secara keseluruhan, demikian halnya jika konsumen maka
yang diananlisis adalah seluruh konsumen dalam mengalokasikan pendapatannya
untuk membeli barang/jasa yang dihasilkan oleh perekonomian. Demikian juga
dengan variabel permintaan, penawaran, perusahaan, harga dan sebaginya. Intinya
ekonomi makro menganalisis penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari
pendapatan, sehingga ekonomi makro sering dinamakan sebagai teori pendapatan
(income theory).
Tujuan
dan sasaran analisis ekonomi makro antara lain membahas masalah Sisi permintaan
agregate dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi, dan pentingnya kebijakan
dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan prestasi kegiatan ekonomi yang
diinginkan.
Jenis-jenis Ilmu Ekonomi
Jenis-jenis analisis ilmu
ekonomi yaitu sebagai berikut :
a. Teori Ekonomi (Analysa
Economic), yakni ilmu yang menerangkan hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi
kemudian merumuskan hubungan-hubungan itu dalam suatu hokum ekonomi. Contoh :
Hukum Permintaan (Jika harga suatu barang naik maka jumlah barang yang diminta
akan berkurang. Jika harga barang turun maka jumlah barang yang diminta akan
bertambah), Hukum Penawaran (Jika harga barang naik maka jumlah yang ditawarkan
akan bertambah. Jika harga barang turun maka jumlah yang ditawarkan akan
berkurang), Teori Produksi, dan lain-lain.
b. Ekonomi Deskriptif
(Descriptive Economics), yakni ilmu yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya
dari wujud dalam perekonomian. Contohnya seperti keadaan petani di Jawa Tengah,
inflasi yang meningkat pada tahun 1998, dan lain-lain.
c. Ekonomi terapan (Aplied
Economics), yakni ilmu ekonomi yang mengkaji tentang kebijakan-kebijakan yang
perlu dilaksanakan dalam mengatasi masalah-masalah ekonomi. Contoh : Ekonomi
Moneter, Ekonomi Koperasi, Ekonomi Perusahaan, dan lain-lain.
Pada intinya, ilmu ekonomi
adalah ilmu yang mengakui realitas kelangkaan lalu memikirkan cara
mengorganisasikan masyarakat dalam suatu acara yang menghasilkan pemanfaatan
sumber daya ekonomi yang paling efisien. Disinilah ilmu ekonomi memberikan
kontribusinya (sumbangan) yang unik. Pengkajian ilmu ekonomi dilakukan dalam
dua tingkatan. Pertama, pengkajian berdasarkan keputusan rumah tangga
individual dan perusahaan. Dapat dikaji interaksi rumah tangga individual dan
perusahaan di pasar untuk barang dan jasa tertentu. Kedua, dapat dikaji operasi
perekonomian secara menyeluruh yang merupakan kumpulan dari semua pengambil
keputusan di semua pasar.
Lampiran 2 :
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SISWA
Kelas/
Semester : X AP 1/ Gasal
Mata
pelajaran : Ekonomi dan Bisnis
Materi
Pokok : Ruang lingkup dan
jenis-jenis ilmu ekonomi
Peretemuan
ke- : 2
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
No. Urut
|
Nama Siswa
|
Aspek Aktivitas
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||
1
|
A'IMMATUNNADZIFAH
|
|||||||
2
|
ANISA NUR SOLEHA
|
|||||||
3
|
DWI APRILLIA RISNAWATI
|
|||||||
4
|
DWI PUJI ASTUTI
|
|||||||
5
|
EKA LISTIANI
|
|||||||
6
|
ELISMA NIKMATUNNISA
|
|||||||
7
|
FIFIN FILIYANTI
|
|||||||
8
|
IDA FITRIYANING
|
|||||||
9
|
KHOIRUL ZULFA
|
|||||||
10
|
MARATUN SOLIKHAH
|
|||||||
11
|
MEGA RINDI ANTIKA
|
|||||||
12
|
NUR ANISA
|
|||||||
13
|
OKE NUR PRASDIAN
|
|||||||
14
|
RATNA KOMALA SARI
|
|||||||
15
|
REKSI BUDIANTO
|
|||||||
16
|
RISMA FRICILIA
|
|||||||
17
|
RISQI ERI RAMADAN
|
|||||||
18
|
RIVAL DEVA AZRI
|
|||||||
19
|
RIYANTI
|
|||||||
20
|
RIZAL BASTIAR KUSWORO
|
|||||||
21
|
SAPTO PEBRIANTO
|
|||||||
22
|
SRI MULYANI DEWI
|
|||||||
23
|
SUDIYANTI
|
|||||||
24
|
VINA PEBRIANA PUTRI
|
|||||||
25
|
WULAN GURITNO
|
Keterangan
Aspek Aktifitas:
1.
Memperhatikan penjelasan guru/teman. 5. Menjadi pembicara kelompok.
2.
Menghargai pendapat orang lain.
3.
Membaca materi. 6.
Bertanya (pada teman/guru).
4.
Menulis (mencatat) materi penting. 7. Mengumpulkan hasil diskusi
Petunjuk:
1.
Pengamatan dilakukan oleh guru pada saat peserta didik
berdiskusi
2.
Pengamat cukup
memberi tanda cek (Ö ) pada kolom aspek aktivitas siswa.
Lampiran 2 : Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SISWA
Kelas/
Semester : X AP 2/ Gasal
Mata
pelajaran : Ekonomi dan Bisnis
Materi
Pokok : Ruang lingkup dan
jenis-jenis ilmu ekonomi
Peretemuan
ke- : 2
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
No. Urut
|
Nama Siswa
|
Aspek Aktivitas
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||
1
|
DHEA RAHMA DAMAYANTI
|
|||||||
2
|
DIAN MAULANA
|
|||||||
3
|
ELSA NOVIANA
|
|||||||
4
|
FERY NURDIANSYAH
|
|||||||
5
|
ERNA ANDREANINGSIH
|
|||||||
6
|
FAJAR MEI LIANA
|
|||||||
7
|
FIKRI ARIF PRAYOGA
|
|||||||
8
|
FITRI MISNAWATI
|
|||||||
9
|
HANI RAHMAWATI
|
|||||||
10
|
HERMAWAN
|
|||||||
11
|
INTAN AGUSTINA
|
|||||||
12
|
IRKHAM ROZAKI
|
|||||||
13
|
JESY MELINDA
|
|||||||
14
|
LISA APRILIANA
|
|||||||
15
|
MERY MUTMAINAH
|
|||||||
16
|
MOZA RAFIKA RAODAH
|
|||||||
17
|
NOVITA SARI
|
|||||||
18
|
NURUL ISTIQOMAH
|
|||||||
19
|
PUJI NURHASASIH. H
|
|||||||
20
|
RISKA AMALIA
|
|||||||
21
|
SINDI NOVITASARI
|
|||||||
22
|
WIJHATUN A'MALINA
|
|||||||
23
|
YUSUF BAHTIAR
|
Keterangan
Aspek Aktifitas:
- Memperhatikan penjelasan guru/teman. 5. Menjadi pembicara kelompok.
- Menghargai pendapat orang lain.
- Membaca materi. 6. Bertanya (pada teman/guru).
- Menulis (mencatat) materi penting. 7. Mengumpulkan hasil diskusi
Petunjuk:
- Pengamatan dilakukan oleh guru pada saat peserta didik berdiskusi
- Pengamat cukup memberi tanda cek (Ö ) pada kolom aspek aktivitas siswa.
Lampiran 3 :
Lembar Tugas
LEMBAR TUGAS
Nama
Siswa :…………………….
Nomor :…………………….
Kelas/
Semester : X/ Ganjil
Mata
pelajaran : Ekonomi dan Bisnis
Materi
Pokok : Ruang lingkup dan
jenis-jenis ilmu ekonomi
Peretemuan
ke- : 2
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
Membuat
contoh dari ekonomi teori, ekonomi deskriptif dan ekonomi terapan dalam
kehidupan sehari-hari
Simak : Pembelajaran Online
Berikut ini Link Download
RPP Pertemuan Ke 1 Ekonomi Bisnis K2013 Revisi 2017
RPP Pertemuan Ke 2 Ekonomi Bisnis K2013 Revisi 2017
Pasword : SMK
silakan dilihat, apabila kurang sesuai dengan sisdiknas permendikbud no 24, mohon koreksi di post Komentar....
bagus, makasih
ReplyDeleteGak tau Passwordnya????///!!!
DeleteSMK
Deletehalo, sandi untuk membuka dokumen nya apa ya? terimaksih
ReplyDeleterpp kd yang lain di share juga dong
ReplyDeleteboleh minta sandi nya gx?
DeleteSMK
Deletehallo boleh minta sandi nya
ReplyDeletePasword : SMK
ReplyDeleteKD yang lainya ada full nih,,
Bisa kirim gak kak yang lengkapnyah
DeletePak boleh bagi KD lengkapnya..
ReplyDeleteMakasih, RPP utk KD yg lain
ReplyDeletelink untuk KD yang lain yang mana ya ?,
ReplyDeletesaya buka masih satu KD
gan ? boleh minta yang smt 2 nya ngga ?
ReplyDeleteMaaf sekali karena kesibukan dan aktivitas yg padat, jd blum bisa upload KD yg full..,
ReplyDelete